2014/05/04

Rubah


Kenapa gue suka sama binatang rubah ini ya, ya karena menurut gue rubah itu binatang yang cantik dan sebenernya jauh dari kata lucu.

Di Jepang sendiri rubah disebut kitsune(狐) dan dulu di Jepang rubah dianggap binatang yang sakti, cerdas, dan berumur panjang. Konon katanya semakin tua rubah maka semakin bertambah jumlah ekor dan kesaktiannya.


Rubah yang paling sakti dalam mitologi jepang adalah siluman rubah berekor 9 atau kyuubi no youko(九尾の妖狐). Dan di zaman sekarang ini sering ditiampilkan dalam anime (kyuubi di naruto, kyuubimon di digimon, ninetails di pokemon) dan dorama (yorozu uranaidokoro- onmuyouya e youkoso). Sekitar abad ke-5 SM dulu ada sebuah cerita di Jepang yang mengisahkan seekor rubah sakti yang mampu berubah wujud menjadi seorang wanita cantik.



Ada mitos di Jepang tentang kitsunetsuki(狐憑き) yaitu gejala kerasukan roh rubah, konon katanya jika ada seseorang yang awalnya baik tiba-tiba berubah menjadi aneh, suka menggeram, berteriak, menyalak, dan suka marah-marah, maka dianggap mengidap gejala kerasukan roh rubah. Di Jepang rubah juga digambarkan suka dengan makanan aburaage(油揚げ) yaitu tahu yang digoreng.

Oke kita serius sebentar, ada 27 spesies rubah, mereka masih berkerabat dekat dengan anjing. Mereka hewan karnivora yang biasa memakan tikus, kelinci, telur burung, serangga, besar dll. Mereka juga hampir ada diseluruh benua, Amerika Utara, Eropa, Asia Timur, Asia Tengah (timur-tengah), dan Australia.

Termasuk juga rubah yang ini






sumber : Gadis, Wikipedia, dan sumber lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar